Senin, 10 Februari 2014

Inovasi apa yang ada dalam bisnis mu ?

Creative Entrepreneurship Class 5th Meeting
Further Discussion :
Twittr :  @CreativeLead_id  &  Like FanPage FB : CLI - Indonesia 


Innovation is finding a better way of doing something.[1] Innovation can be viewed as the application of better solutions that meet new requirements, in-articulated needs, or existing market needs.[2] This is accomplished through more effective products, processes, services, technologies, or ideas that are readily available to markets, governments and society. The term innovation can be defined as something original and, as a consequence, new, that "breaks into" the market or society. A definition consistent with these aspects would be the following: "An innovation is something original, new, and important in whatever field that breaks in to a market or society".[3]
 Inovasi dalam suatu usaha merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Hanya produk yang inovatif yang  akan mampu bertahan dari gempuran produk impor, karena memiliki daya saing tinggi, khususnya produk-produk dari china, eropa dan amerika.

Apabila upaya inovasi berhasil dilakukan, maka akan  mampu melesatkan omset hingga ratusan juta rupiah dalam beberapa bulan saja, meskipun itu usaha baru. Ide brilian untuk menciptakan produk inovatif bisa datang dari mana saja, khususnya dengan melihat reaksi  pasar atau  mengamati perilaku konsumen.

Terdapat 3 tahapan dalam  inovasi, yaitu :
1.   Inovasi untuk bertahan hidup (survival). Pada tahap inovasi survival ini, perusahaan  tidak terlalu memikirkan apakah produknya akan ditiru  oleh orang lain atau tidak.
2.   Inovasi untuk meningkatkan daya kompetisi. Pelaku usaha yang melakukan inovasi dengan niatan untuk meningkatkan daya kompetisi sudah selangkah lebih maju pemikirannya, sehingga ia berikir agar inovasi tersebut memiliki visi jangka pajang, misalnya : membuat inovasi kemasan yang dapat membuat produk makanan yang dihasilkan akan lebih awet dan tidak akan merubah rasa makanan (tetap fresh).
3.   Inovasi bisnis sebagai langkah untuk kemajuan perusahaan. Pada tahap ini sebaiknya inovasi sudah dipatenkan.

Prinsip-prinsip Inovasi
Drucker (1985) mengatakan bahwa dalam melakukan inovasi perlu memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut;
1. Sesuatu yang harus dilakukan
a.Menganalisi peluang
b.Apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang
c.Sederhana dan terarah
d.Dimulai dari yang kecil
e.Kepemimpinan

2. Sesuatu yang tidak harus dilakukan
a.mencoba untuk menjadi yang pandai
b.mencoba ingin mengerjakan sesuatu yang banyak
c.mencoba inovasi untuk masa yang akan dating

3. Kondisi
a.Memerlukan ilmu pengetahuan
b.Membangun keunggulannya sendiri
c.Inovasi adalah efek dari ekonomi dan masyarakat

Peluang Inovasi
Inovasi dapat bersumber dari adanya peluang-peluang
sebagai berikut;
1.Penelitian dan Pengembangan
2.Keberhasilan/kegagalan
3.Penolakan pelanggan
4.Kebutuhan, keinginan, dan daya beli masyarakat
5.Persaingan
6.Perubahan demografi
7.Perubahan selera
8.IPTEK baru

Penelitian dan Pengembangan
Inovasi dapat dihasilkan melalui suatu penelitian dan pengembangan (research and development).Perusahaan-perusahaan yang telah maju atau besar umumnya  empunyai satu divisi khususuntuk melakukan penelitian dan pengembangan bagi bagi produk-produk barunya. Penelitian dan pengembangan ini merupakan suatu ino
vasi yang sistematis dengan menggunakan metode-metode ilmiah.
Perusahaan ini berprinsip harus melakukan inovasi terus menerus ba
gi kelangsungan hidupnya.

Sekarang mari kita analisis inovasi apa yang sudah teman-teman lakukan pada produk, strategi pemasaran ?
kirimkan analisismu dan kita diskusikan pada  FanPage FB : CLI - Indonesia
Several indexes exist that attempt to measure innovation include:

1.The Innovation Index, developed by the Indiana Business Research Center, to measure innovation capacity at the county or regional level in the United States.[35]
2.The State Technology and Science Index, developed by the Milken Institute is a U.S.-wide benchmark to measure the science and technology capabilities that furnish high paying jobs based around key components.
3.The Oslo Manual is focused on North America, Europe, and other rich economies.
 
http://en.wikipedia.org/wiki/Innovation



0 komentar:

Posting Komentar